top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Tenant di FKS 2024 Ini Dibawa Langsung Dari Sumatra Utara 

Festival Kuliner Serpong (FKS) 2024 kali ini menghadirkan deretan kuliner khas dari Medan. Dari sekian banyak tenant yang menjajakan kuliner khas Medan, setidaknya ada beberapa tenant yang memang secara khusus didatangkan langsung dari kota asalnya. Hal itu dilakukan untuk bisa menghadirkan sekaligus memberikan keotentikan dari citarasa khas Medan untuk setiap pengunjung yang datang dan kulineran di FKS 2024.

 

Diungkapkan oleh Tommy Laurici selaku Director Operation Summarecon Mall Group jika untuk tenant khas Medannya saja ada sekitar 50 tenant. Sedangkan untuk total varian makanan khas Medan yang ada di FKS ini bisa mencapai hingga 90 jenis makanan. Dari sekian banyak itu, setidaknya ada 7 tenant yang memang secara khusus didatangkan secara langsung atau cabang dari Medan untuk datang dan meramaikan FKS 2024 ini. Ketujuh tenant itu adalah Warkop Agam Medan, Kalamera Coffee, Bakmi Tiong Sim Medan, Roti Romi, BPK Ola Bisat, Mie Sop Ayam Mesra Siantar, dan Baso Sapi Gu Bakwan Medan.


 Warkop Agam

Tenant satu ini merupakan cabang langsung dari Warkop Agam yang ada di Medan. Untuk menu unggulan yang disuguhkan pada pengunjung FKS berupa olahan Indomie Bangladesh. Diungkapkan oleh sang pemilik, jika olahan mie miliknya berbeda dengan olahan Indomie Bangladesh di warkop lainnya. Sensasi rasa Indomie ala Warkop Agam ini terasa kuat akan bumbu rempah. Itu karena mereka menambahkan bumbu tambahan dan itu jadi rahasia dapur dari Warkop Agam. Hal itulah yang pada akhirnya menjadikan Indomie Bangladesh Warkop Agam ini menjadi unggulan.



Kalamera Coffee

Minuman kopi juga menjadi menjadi salah satu daya tarik dari wilayah Medan. Tak heran, jika akhirnya dihadirkanlah tenant kopi yang langsung dibawa dari Medan untuk meracik minuman kopi nan khas. Kalamera Coffee menyuguhkan beragam minuman kopi istimewa yang biji kopinya berasal dari kawasan Beratagi, Sumatra Utara. Diungkapkan oleh salah satu baristanya, jika Kalamera Coffee ini menggunakan biji kopi Karo Medan yang citarasanya menyerupai biji kopi Sidikalang atau Mandailing. Pengunjung FKS pun bisa menemukan berbagai racikan kopi istimewa seperti Kalamera Signature Latte, Kalamera Good, Jack Dripper, Ted Bunny, Irish Bloom, Cafe Bonbon, dan masih banyak lainnya.



Bakmi Tiong Sim Medan

Medan pun sangat terkenal akan olahan bakminya yang begitu lezat dan nikmat. Ada banyak pilihan bakmi khas Medan ataupun Siantar yang bisa ditemukan di sana.

Salah satunya ada Kedai bakmi bernama Bakmi Tiong Sim yang menyuguhkan olahan bakmi sedap dengan topping melimpah. Bakmi Tiong Sim ini dibawa langsung dari Medan yang menghadirkan olahan bakmi non halal, bertopping daging babi bercitarasa gurih sedap. Helaian bakminya halus, bersih, dan kenyal yang berpadu sempurna denganberbagai bahan lainnya.

 


Roti Romi

Selanjutnya ada tenant Roti Romi yang menghadirkan beragam pilihan roti spesial dengan berbagai varian rasa. Pengunjung di FKS yang mampir ke tanantnya Roti Romi alias Roti Mimpi Indah ini bisa menemukan pilihan Roti Jadul Bakar/Box dengan varian rasa Srikaya Medan, Meses, Keju, Mentega Manis, Bougat, Abon Ori, atau Abon Rawit yang dibandrol

dengan harga mulai dari Rp 75.000,- per boxnya. Selain itu, juga ada pilihan Roti Malu (Masak Lalu) yang terdiri dari varian Srikaya, Abon, Mocha Mese, atau Keju yang ditawarkan Rp 71.500,- yang seporsinya terdiri dari 12 pcs. Tak hanya itu saja, juga ada berbagai pilihan menarik lainnya yang bisa dibeli, sebut saja Rollmi Coklat Jadul, Martabak Roll, Srikaya Coco Cookies, Salted Caramel Bisscoff Creamcheese yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 16.500,- per satuannya.



RM BPK Ola Kisat

Bagi orang Medan dan Sumatra Utara, khususnya kalangan suku Batak Karo sangat identik dengan olahan babi panggang. Dari sekian banyak rumah makan yang menjadikan Babi Panggang Karo (BPK) sebagai menu utamanya, akhirnya RM. BPK. Ola Bisat pun berhasil diajak ke FKS 2024. Pengunjung, khususnya yang menggemari olahan babi panggang khas Karo bisa menjajal kreasi menu khas Ola Bisat. Mulai dari Paket Babi Panggang (pilihan biasa/Reguler atau Jumbo), Paket Babi Goreng, Paket Babi Kecap, Paket Saksang, Paket Kidu-kidu, hingga Paket Iga Bakar yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 45.000,- per porsinya.



Mie Sop Ayam Mesra Asli Siantar

Viral dan ngetopnya mie sop ayam di Sinatar dan Medan pun terbawa hingga Jakarta dan sekitarnya. FKS tahun ini pun berhasil menghadirkan tenant Mie Sop Ayam Mesra Asli Siantar untuk dicicipi oleh setiap pengunjung FKS 2024. Menu ini berupa olahan mie yang disajikan dengan sop ayam berkuah bening dengan citarasa gurih. Sebagai kondimen tambahannya ada tambahan bakso yang bisa dipilih sesuai selera pembeli. Olahan mie sop ayam pun akan terasa makin sempurna apabila dinikmati bersama dengan Sate Kerang berbumbu medok yang jadi pendamping sempurnanya. Mie Sop Ayam di tenant ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 39.000,- per porsinya.



Baso Sapi Gu Bakwan Medan

Olahan bakso asli Medan pun turut memeriahkan pagelaran FKS kali ini. Diungkapkan oleh sang pemiliknya, jika olahan baksonya menggunakan kuah kaldu sapi yang dimasak dalam waktu yang cukup lama. Hal itu dilakukan agar kuahnya memiliki citarasa nikmat yang berasal dari daging dan tulang sapi asli. Untuk baksonya pun dibuat secara homemade menggunakan bahan baku pilihan. Hal itu dilakukan agar produk bakso yang disuguhkan pada pelanggannya memiliki kualitas terbaik dan bercitarasa lezat. Olahan bakso yang terjamin halal di sini terdiri dari berbagai pilihan berbeda. Mulai dari Bakso Bihun Tanpa Jeroan, Bakso Mie Tanpa Jeroan, Bakso Mie Campur, Bakso Urat, dan lainnya.



“Memang tidak terlalu banyak tenant yang didatangkan langsung dari kota asalnya, Medan. Hal itu karena memang terkendala oleh beberapa hal. Mulai dari tidak adanya SDM yang cukup dari pihak pengelola tempat makan tersebut sehingga tidak bisa diajak ke luar kota. Selain itu juga karena jaraknya yang terlalu jauh, hingga belum adanya pengalaman mengikuti acara festival seperti ini di luar kota,” ungkap Tommy.

 

Comments


bottom of page