top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Novonesis Hadir di Food Ingredients Asia 2024 Untuk Pertama Kalinya

Novonesis sebagai perusahaan Biosolutions Global dengan pengalaman lebih dari 100 tahun turut hadir di pagelaran Food Ingredients Asia 2024. Menempati area di Hall C, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, ini menjadi ajang perdana Novonesis bergabung di pameran yang berlangsung antara 4-6 September 2024 itu. Pada kesempatan itu pula, Novonesis memperkenalkan produknya pada masyarakat Indonesia.

 


Pada pagelaran Food Ingredients Asia 2024, Novonesis menampilkan berbagai inovasi terbaru untuk mendukung Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045. Tak hanya itu saja, Novonesis juga memiliki peran untuk mendorong sektor pertanian melalui biologi. Novonesis bertujuan untuk pengembangan solusi berbasis mikrobiologi dan memperbaiki dunia melalui biologi. Novonesis yang juga sebagai hasil merger dari dua perusahan besar yaitu Novozymes and Chr. Hansen itu pun menyediakan solusi di tiga area yaitu Biosolutions for Human Health, Food and Beverages, dan Planetary Health.

 

Biosolutions merupakan setiap produk, layanan, proses, dan peralatan yang berasal dari pemanfaatan sumber daya biologis, atau yang juga disebut sebagai ‘solusi berbasis bio’. Biosolutions menghadirkan solusi yang lebih berkelanjutan untuk memproduksi kebutuhan pokok dan bahan baku melalui penghematan air, energi, bahan kimia berbahaya, serta mengurangi ketergantungan pada sumber daya fosil. Novonesis yang memiliki lebih dari 10.000 tenaga ahli berpengalaman dari seluruh dunia itu pun bergerak di 30 jenis industri berbeda.



 “Sesuai dengan tagline kami ‘There is a Biosolutions for (almost) everything’, kami meyakini bahwa solusi berbasis biologis mampu memberikan manfaat bagi kesehatan manusia, meningkatkan kualitas makanan dan minuman, serta mengurangi dampak lingkungan. Sudah saatnya kita menerapkan perubahan dan memasuki era biosolution. Di event ini, kami menampilkan solusi yang dirancang khusus untuk Indonesia dengan empat tema. Yaitu inovasi untuk meningkatkan efisiensi pengolahan makanan, menghasilkan produk dengan rasa dan tekstur yang lebih lezat, lebih sehat dan bergizi, dan menerapkan rantai nilai pangan yang lebih keberlanjutan secara keseluruhan,” ungkap Lensey Chen selaku Novonesis Regional President APAC and Senior Vice President Food & Beverage Biosolutions saat ditemui di booth Novonesis.

 

Di booth Novonesis makin meriah dengan adanya kegiatan cooking demo. Hidangan yang dimasak oleh chef dibuat menggunakan daging nabati dan produk fermentasi sususebagai bahan utamanya. Produk yang telah dimasak itu pun bisa dicicipi oleh setiap pengunjung yang hadir. Selain cooking demo, juga ada seminar mengenai pemanfaatan biosolution dalam industri roti dan susu fermentasi. Roti yang dibuat menggunakan biosolution itu memiliki masa simpan yang lama dengan teksturnya yang tetap lembut. Roti berusia 3 minggu akan bertahan dengan baik dan lembut layaknya roti fresh yang baru saja dibuat. Tak hanya itu, juga ada produk susu nabati dan minuman malt, produk susu fermentasi (seperti probiotik dan yogurt).

 

Frederik Mejlby selaku Global Marketing Vice President of Food and Beverage Novonesis pun menambahkan jika solusi biologis adalah misi utama dari Novonesis. Dengan pengalaman lebih dari satu abad, Novonesis menawarkan rangkaian biosolution mutakhir, termasuk enzim, kultur, probiotik, dan protein presisi untuk menjawab tantangan industri. Novonesis juga bekerja sama dengan Tanamera, salah satu produsen kopi spesial ternama di Indonesia. Kolaborasi bersama Tanamera diwujudkan dengan menyajikan oat milk latte dengan susu gandum yang terbuat dari inovasi enzim sehingga bisa menghasilkan foam  yang baik.


 

Acara peluncuran Novonesis juga turut dihadiri Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Timor-Leste, Papua Nugini, dan ASEAN, yakni Sten Frimodt Nielsen. Pada moment itu, ia mengungkapkan kebanggaannya pada produk ini dan memiliki harapan baik untuk ke depannya. "Novonesis menjadi kekuatan utama dalam sektor bahan baku Denmark yang mampu menghasilkan biosolution dengan memanfaatkan proses alami untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi secara berkelanjutan. Di Indonesia, solusi ini dapat mendorong pembangunan berkelanjutan di sektor pangan dan pertanian, menciptakan ekonomi sirkular, serta energi hijau dan biofuel. Saya sangat antusias melihat perjalanan Novonesis di Indonesia dan kawasan ini, saat kita bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan," ungkapnya.

Comments


bottom of page