top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Kulineran Asyik di Siborongborong, Balige, Pematang Siantar, dan Tebing Tinggi 

Setiap wilayah atau daerah di Indonesia pastinya memiliki banyak deretan kuliner khas yang unik dan jarang dijumpai di tempat lainnya. Seperti halnya dengan provinsi Sumatra Utara yang punya banyak kreasi menu menggugah selera di berbagai kawasannya.

 

Sumatra Utara dikenal baik sebagai penghasil biji kopi. Berbagai pilihan biji kopi spesial seperti Mandailing, Sidikalang, Lintong, hingga sipirok berasal dari wilayah yang juga dikenal dengan ikon Danau Toba ini. Jadi, ketika berkunjung ke Sumatra Utara, jangan pernah melewatkan untuk menikmati sedapnya kopi di sana. Pilihannya bervariasi, mulai dari Caldera Resto & Coffee, Kok Tong, Kopi Lintong Teras Noah, Ondo Lintong Coffee, Kopi Apek, Piltik Coffee, dan masih banyak lainnya.

 


Kedai kopi bernama Piltik Coffee berlokasi di kawasan Bandara Silangit, Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara dan outlet lain yang beralamat di Jl. Sadar/Sipahutar No. 33, Parhasioran, Desa Lobusiregar, Siborongborong. Untuk kreasi kopi unggulannya berupa Single Origin Arabica Siborongborong. Sedangkan untuk makanannya, terdapat menu khas setempat yang diolah secara tradisional namun dihadirkan dengan penyajian modern. Coba saja Mie Gomak, Ombus-ombus, Nasi Goreng Andaliman, dan lainnya.

 

Bergeser ke kawasan Balige yang menjadi bagian dari Kabupaten Toba, kawasan ini juga punya daya tarik kulinernya sendiri. Lokasinya yang di sekitaran Danau Toba, olahan ikan tentu sangat identik dengan wilayah ini. Mulai dari olahan Arsik Ikan Mas, Naniura atau yang tampilannya menyerupai sashimi, teri, dan lainnya. Jangan lewatkan juga untuk membeli Mangga khas Toba dan Kacang Sihobuk yang jadi oleh-oleh khas setempat.

 


Karena berbatasan dengan Sumatra Barat, tak heran ada banyak olahan khas Minang yang bisa dijumpai di kawasan ini dan juga cukup digemari. Salah satu yang banyak didatangi wisatawan atau masyarakat setempat adalah Restoran Panorama yang ada di Pematang Siantar. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan dimanjakan dengan olahan nasi putih hangat nan pulen dengan aneka lauk berbumbu rempah melimpah. Sebagai favoritnya ada Rendang Sapi, Ayam Pop, Ayam Bakar, Gulai Ikan, hingga Dendeng Balado. Sedap bukan kepalang.

 

Masih di Pematang Siantar, kulineran super asik juga bisa ditemukan di kawasan Jl. Cipto. Di area itu, ada banyak pilihan kuliner seru yang bisa dicicipi. Mulai dari Cakwe Ahok yang menawarkan olahan cakwe empuk serta cipeng atau cakwe yang di dalamnya berisi pulut atau ketan putih. Tak hanya cakwe, juga ada jajanan lain yang menarik mata, mulai dari apom atau serabi ala India, putu bambu, mie keriting khas Siantar, mie pangsit, olahan nasi campur babi, sate padang, dan masih banyak lainnya.  


Saat berkunjung ke Pematang Siantar, jangan lewatkan juga untuk menjajal olahan burung goreng yang unik dan khas. Nama tempatnya adalah Rm. Beringin Indah yang menyediakan menu unggulannya berupa olahan Burung Goreng. Burung yang dimaksudkan adalah Burung Puyuh dan juga Burung Ruak-ruak Goreng yang rasanya gurih. Apalagi ketika dicocol ke dalam sambal kecapnya, bikin rasanya semakin sempurna. Tempat makan yang selalu ramai pengunjung ini ternyata juga pernah dijadikan lokasi pilihan untuk makan siang Presiden ke-7 Indonesia lho.



Untuk olahan yang berbasis roti, Siantar juga punya beberapa olahan roti khas. Orang setempat menyebutnya Roti Ketawa. Roti bertabur wijen ini banyak ditemukan di toko roti atau pusat oleh-oleh. Untuk rekomendasinya bisa kunjungi langsung Roti Ketawa Sambo dan Roti Ketawa Siantar Waka-waka.

 

Kawasan Sumatra Utara sendiri sangat terkenal akan olahan mienya yang lezat dan banyak variasinya. Selain ada mie keriting ala Siantar, mie pangsit, mie gomak, juga ada kreasi mie bernama Mie Sop. Olahan satu ini sedang begitu digemari dan populer di Tebing Tinggi, Siantar, Medan, hingga ke provinsi lainnya. Beragam tempat makan yang menyajikan Mie Sop yang bisa dipilih, sebut saja Mie Sop Sunar, Min Min Mie Sop, Pondok Haiti, dan masih banyak lainnya.

Comments


bottom of page