top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Jangan Lewatkan Menu Rekomendasi di Kampoeng Tempo Doeloe 2024 Ini

Di pagelaran festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe yang diselenggarakan di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading terdapat banyak pilihan menu Nusantara. Ada lebih dari 1.000 varian menu Nusantara yang disuguhkan oleh sekitar 102 tenant atau pedagang. Dari sekian banyak pilihan menu yang ada, berikut ini beberapa pilihan menu rekomendasi ala Yukmakan.



Gudeg Mercon Bu Prih

Tenant satu ini menghadirkan kreasi menu khas Yogyakarta yang begitu popular dan cukup disukai masyarakat luas. Olahan gudeg yang dibuat dari buah nangka muda disajikan dengan citarasa manis yang dipadukan dengan oseng mercon bercitarasa pedas yang terbuat dari kikil sapi dan potongan tempe sebagai bahan utamanya. Tak hanya itu saja, juga ada lauk lain yang menemani, seperti ayam suwir, krecek, tahu, hingga guyuran areh bercitarasa gurih manis. Seporsi olahan gudeg ini bernama Paket Gudeg yang dibandrol dengan harga Rp 57.000,- per porsinya.

 



Bebek Sinjay Bangkalan Madura Sejak 2002

Tak hanya olahan nasi gudeg khas Yogyakarta saja, pengunjung juga akan menemukan olahan nasi dan bebek goreng khas Madura. Tenant satu ini pun sangat istimewa karena didatangkan langsung dari kota asalnya, yakni Bangkalan, Madura. Sesuai dengan namanya, maka olahan bebek goreng khas Madura jadi menu unggulan dan rekomendasi di sini. Menu yang bisa dipesan adalah Paket Nasi Bebek yang dibandrol dengan harga Rp 55.000,- per porsinya. Paket ini terdiri dari olahan bebek goreng dengan pilihan paha ataupun dada yang dipadukan dengan nasi putih, sambal mangga, dan lalap timun plus kemangi. Daging bebeknya empuk bercitarasa gurih sedap yang berpadu sempurna dengan sambal mangganya yang bercitarasa pedas. Paduan sempurna dan begitu menggugah selera.   

 


Nasi Uduk Babi Medan Sehati

Masih dengan tenant yang menghadirkan olahan nasi dengan pilihan lauk berbeda bisa ditemukan di tenant Nasi Uduk Babi Medan Sehati. Sesuai dengan nama tempatnya, pilihan menu yang ditawarkan adalah menu non halal. Kreasi menunya memadukan nasi uduk khas Medan yang gurih dengan berbagai lauk sebagai pendampingnya. Mulai dari olahan daging babi seperti gohyong, samcan, cukiok hingga telur kecap, tumis sayur asin, hingga sambal merah bercitarasa pedas manis. Olahan babi lainnya, seperti rendang babi juga bisa pengunjung temukan di sini. Olahan nasi uduk di tenant ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 35.000,- per porsinya.  

 


Sate Klatak, Tengkleng, & Tongseng

Pak Ahmad   

Penikmat olahan daging, khususnya kambing dan sapi bisa langsung merapat ke tenant satu ini. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan olahan daging yang dimasak dengan cara disate ataupun ditengkleng atau ditongseng bersama bumbu dan kuah. Salah satu menu unggulan dan rekomendasinya ada Sate Klatak Kambing. Sate ini terasa begitu spesial karena menggunakan tusukan besi yang membuat olahan dagingnya terasa lebih empuk jika dibandingkan dengan sate yang menggunakan tusukan kayu atau bambu. Potongan dagingnya pun cukup besar yang bisa dipesan dengan menggunakan nasi ataupun tanpa nasi.   

 



Gohyong Malaya Menteng

KTD tidak hanya diramaikan dengan berbagai pilihan menu berat dan nasi saja, tetapi juga terdapat aneka camilan dan jajanan lainnya. Salah satunya ada tenant Gohyong Malaya Menteng yang bisa dijadikan camilan. Tenant satu ini pun menjadi salah satu tenant yang selalu terlihat ramai disesaki oleh pengunjung KTD 2024. Olahan gohyongnya yang garing renyah menjadikan olahan daging sapi sebagai isiannya. Selain bisa disantap kering layaknya gorengan, gohyong di sini dipadukan dengan kuah hangat berwarna kecoklatan serta taburan cabai rawit hijau. Sensasi rasa gurih dan pedas pun langsung menyerbu lidah pada suapan pertama.

 

Wedang Warisan

Tak hanya banyak menyuguhkan berbagai pilihan makanan saja, KTD 2024 juga menawarkan aneka pilihan minuman spesial. Salah satu yang bisa ditemukan ada tenant Wedang Warisan yang menawarkan berbagai jenis minuman unik. Salah satunya ada minuman yang menjadikan bunga telang sebagai salah satu bahan utamanya. Minuman unik yang dimaksudkan bernama Telang Latte. Minuman berwarna biru keunguan itu memadukan seduhan bunga telang dengan susu cair, gula cair, buah leci, dan juga es batu. Sensasi rasa segar dan dingin akan langsung terasa saat menikmati minuman satu ini. Selain olahan telang, di sini juga ada berbagai pilihan lainnya yang segar dan tak kalah menarik untuk dijajal.

 


Kang Tebu

Alternatif tenant minuman lainnya yang tak kalah segar, ada Kang Tebu. Sesuai namanya, pengunjung akan menemukan air tebu murni yang manis segar di sini. Selain bisa menjadikan Es Tebu Original atau Murni sebagai pilihannya, juga akan olahan es tebu lainnya yang tak kalah seru dan segar untuk dipesan. Beberapa pilihan itu memadukan perasan air tebu dengan lemon, jeruk nipis, jeruk, sunkies, nanas, dan berbagai buah segar lainnya. Minuman manis, dingin, dan segar ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 25.000,- per gelasnya.    

Comments


bottom of page