top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Food Ingredients Asia 2024 Sukses digelar di Jakarta Selama 3 Hari 

Pagelaran Food Ingredients Asia 2024 yang dilangsungkan di Jakarta, Indonesia telah sukses digelar selama tiga hari. Event yang menjadi edisi ke-28 di JIExpo Kemayoran pada 4 – 6 September 2024 lalu itu mendapatkan rekor baru dalam jumlah pengunjungnya. Selama tiga hari berlangsung, acara ini berhasil menarik lebih dari 22.000 pengunjung dari berbagai sektor industri makanan dan minuman.

 


Food Ingredients Asian 2024 di Indonesia ini menjadi wadah strategis bagi para profesional dan pelaku bisnis untuk menjalin koneksi, menjajaki peluang kerjasama, serta mengeksplorasi inovasi terbaru dalam industri bahan makanan dan minuman. Ada lebih dari 700 perusahaan yang berasal dari 38 negara dari seluruh dunia yang ikut menjadi peserta. Pagelaran ini pun terus membuktikan diri sebagai salah satu acara terbesar dan paling berpengaruh di kawasan Asia Tenggara.

 

Selain pameran yang diselenggarakan oleh Informa Markets, acara ini juga berhasil menarik daya minat pengunjung dengan fitur event, konferensi, dan seminar internasional yang digelar lebih dari 60 topik yang berbeda setiap harinya. Salah satu topik yang sangat diminati oleh pengunjung baik lokal ataupun internasional adalah pembahasan tentang kebijakan sertifikasi halal yang dalam waktu dekat akan diimplementasikan pada hari ketiga pameran.

 

Tentunya hal itu pun diiringi dengan permintaan produk halal, khususnya produk makanan dan minuman. Pemerintah Indonesia sendiri telah mengatur tentang Jaminan Produk Halal sehingga semua produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di Indonesia wajib bersertifikat halal. Sebagai pameran bahan makanan terbesar di Asia, Food Ingredients Asia 2024 bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan LPPOM MUI menghadirkan program menarik sebagai sarana edukasi dan sosialisasi tentang sertifikasi halal yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk.

 


Terkait program sosialisasi dan edukasi halal dalam rangkaian Food Ingredients Asia Indonesia 2024, selain BPJPH terdapat pula LPPOM MUI yang membuka Halal Coaching Center. LPPOM MUI aktif memberikan informasi kepada para pengunjung selama tiga hari pameran berlangsung yang memungkinkan pengunjung berkonsultasi mengenai proses pendaftaran sertifikasi halal. Halal Coaching Centre ini menjadi peluang berharga bagi pelaku industri makanan dan minuman untuk mendapatkan bimbingan, arahan, serta informasi tentang mekanisme pendaftaran dan perolehan sertifikat halal.

 

“Kami sangat terkesan dengan respons luar biasa yang diterima oleh Food Ingredients Asia Indonesia 2024. Lebih dari 22.000 pengunjung dari berbagai penjuru dunia bersama dengan lebih dari 700 peserta pameran dari 38 negara telah menjadikan acara ini sukses besar. Ini bukan hanya tentang jumlah, tetapi juga tentang kualitas interaksi yang terjadi di sini. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya acara ini sebagai platform utama bagi industri makanan dan minuman untuk membangun koneksi bisnis dan membuka peluang kerjasama yang strategis,” ungkap Ms. Rose Chitanuwat selaku Regional Portfolio Director (ASEAN), Informa Markets.

 

Setelah pagelaram di Indonesia ini, Food Ingredients Asia akan kembali hadir di Vietnam pada tanggal 9-12 Oktober 2024. Acara itu akan dilangsungkan di Saigon Exhibition Convention Center yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para profesional dan pelaku bisnis di kawasan tersebut untuk terhubung dengan trend dan inovasi terbaru. Selain itu, Food Ingredients Asia Thailand akan digelar pada 17-19 September 2025 di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok.

Comments


bottom of page