top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

'Coffee Culture Experience', Rasakan Pengalaman Seru Ngebatik di Atas Kopi

Setiap tahunnya, bulan Oktober diperingati sebagai Hari Kopi dan juga Hari Batik Nasional. Tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kopi Internasional dan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Pada moment istimewa itu pun, Hotel Aston Priority Simatupang Jakarta menghadirkan kegiatan menarik bertajuk 'Coffee Culture Experience'.



Acara istimewa itu dilaksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 1 dan 2 Oktober 2024. Berlokasi di salah satu restorannya yang bernama Canary, acaranya berlangsung antara jam 12.00 - 14.00 WIB. Khusus untuk acara yang berlangsung di hari Selasa, 1 Oktober 2024 turut diramaikan sekitar 400 orang pengunjung. Seperti kita juga ketahui jika kopi merupakan salah satu minuman terfavorit orang Indonesia dan bahkan hampir di seluruh dunia. Sehingga acara itu pun mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari masyarakat.


Sedangkan untuk hari Rabu, 2 Oktober 2024, kegiatannya dihadirkan dengan mengusung tema berbeda dari hari sebelumnya. Tema khusus itu adalah 'Secangkir Batik' yang disesuaikan dengan momentnya, Hari Batik Nasional. Secangkir Batik merupakan seni melukis di atas kopi atau yang biasa dikenal dengan istilah 'latte art'. Dan menjadikannya terasa istimewa dan berbeda karena latte artnya menggunakan motif batik yang menawan. Selain minuman, tim pastry hotel juga menyajikan aneka olahan dessert seperti kue pie, puding, matcha mousse, hingga tiramisu dengan hiasan bercorak batik.


“Dalam rangka merayakan Hari Kopi Internasional dan bertepatan juga dengan Hari Batik Nasional, Aston Priority Simatupang memberikan kegiatan edukasi seputar kopi yang kami harapkan dapat memberikan nilai serta pengetahuan tambahan seputar kopi untuk tamu-tamu kami. Selain itu, kami juga ingin memberikan edukasi untuk para tamu bahwa kopi dapat diolah atau dikreasikan menjadi apa saja, salah satunya dengan latte art bermotif batik. Batik merupakan karya seni penuh filosofis yang dapat dikombinasikan menjadi produk lainnya, misalnya olahan minuman atau makanan,” ungkap Andi Gevika Rizki selaku General Manager Aston Priority Simatupang.



Kegiatan yang berlangsung dua hari ini mengusung konsep edukasi interaktif. Dan untuk menghadirkan kegiatan menarik ini, Hotel Aston Priority Simatupang menjalin kerja sama dengan vendor rekanannya PT. Architama Catu Nusa dalam memberikan edukasi mengenai produk kopi itu sendiri. Mulai dari proses kopi dari hulu ke hilir yakni tahapan yang dilalui dari biji kopi yang masih berada di pohon hingga menjadi bubuk kopi siap seduh hingga perbedaan antara kopi arabika dan robusta. Tak hanya itu saja, pengunjung pun berkesempatan untuk mencoba meracik sendiri kopinya.


Kegiatan 'Coffee Culture Experience' juga turut menggandeng PT. Classic Fine Foods. Khusus untuk kolaborasi ini diwujudkan dengan proses atau cara membuat olahan mocktail. Pada kesempatan ini, pengunjung juga mendapatkan pembelajaran secara lebih dalam mengenai proses pembuatan mocktail. Mulai pemilihan bahan, pencampuran, penyajian, hingga tips membuat kombinasi rasa yang enak. Salah satu yang diberikan adalah pengalaman membuat mocktail kopi.







Comments


bottom of page