top of page
Maria Yuliana Kusrini

Ascott Rencana Buka 28 Properti di Wilayah Asia Tenggara

The Ascott Limited (Ascott) sebagai bisnis penginapan, tahun ini mengumumkan rencana pembukaan 28 properti di seluruh kawasan Asia Tenggara. Hal itu pun ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama baru di Asia Tenggara. Melalui hal itu, maka ada penambahan lebih dari 3.400 unit dengan berbagai merek hotel di berbagai destinasi utama.



Penandatanganan ini pun akan menambah portofolio Ascott di Asia Tenggara menjadi lebih dari 360 properti. Baik itu untuk properti atau unit yang sudah beroperasi, maupun untuk unit yang sedang dalam tahap pengembangan yang tersebar di 86 kota di sembilan negara. Untuk negara yang dimaksudkan itu antara lain Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

 

Perkembangan ini mencerminkan laju pertumbuhan Ascott yang signifikan di Asia Tenggara. Portofolionya sendiri telah meningkat lebih dari lima kali lipat selama satu dekade terakhir. Yakni dari 13.000 unit di tahun 2015 menjadi lebih dari 67.000 unit di tahun 2024 ini. Selain itu, penandatanganan perjanjian baru ini juga menandai masuknya Ascott ke kota-kota baru seperti Purwakarta di Indonesia dan Kulim di Malaysia.

 

“Perjalanan Ascott sebagai pemimpin perhotelan global dimulai di Singapura 40 tahun yang lalu. Kawasan Asia Tenggara menjadi basis utama kami sekaligus pasar utama yang strategis. Dengan kontribusi lebih dari 30% dari total pendapatan kami, kawasan ini tetap menjadi pusat dari strategi ekspansi global Ascott. Kami menargetkan untuk membuka 28 properti baru di Asia Tenggara tahun ini, dengan 12 properti yang telah selesai dibangun. Penawaran baru kami yang beragam, meliputi resort pantai, hotel butik, hotel kota dengan layanan lengkap, hingga serviced residence premium. Kami tetap berdedikasi pada eksekusi yang kuat dan keunggulan operasional untuk mendorong kinerja Ascott di Asia Tenggara,” terang Wong Kar Ling, Chief Strategy Officer dan Managing Director Asia Tenggara untuk Ascott.

 

Tujuh dari properti Ascott yang baru saja ditandatangani di Asia Tenggara berada di bawah naungan Oakwood. Merek Oakwood sendiri menjadi salah satu merek global Ascott yang paling cepat berkembang. Oakwood akan dibuka di Kamboja dan berekspansi di beberapa kota di Indonesia. Sebut saja Oakwood Serpong, Oakwood Yogyakarta, Oakwood Merdeka Bandung, Oakwood Palm Hill Semarang, dan Oakwood Slipi Jakarta. Penambahan yang ketujuh, yakni properti Oakwood Premier di Singapura, akan menandai properti bermerek Oakwood Premier pertama di Asia Tenggara sejak penyegaran merek tersebut pada awal tahun ini.




 

Penandatanganan baru ini juga menampilkan empat properti Somerset dan tiga properti Citadines. Keduanya akan menyoroti daya tarik yang berkelanjutan dari merek-merek global ini. Selain itu, The Unlimited Collection telah berkembang dengan dua properti baru, keduanya di Penang, Malaysia. Merek lyf juga telah membuat langkah penting dengan menambahkan dua properti baru di Singapura. Yakni lyf Bugis Singapore yang dibuka pada Agustus 2024 dan lyf Chinatown Singapore yang masih dalam tahap pengembangan. Sementara itu, pertumbuhan merek regional Ascott di Asia Tenggara dipimpin oleh HARRIS dengan dua penandatanganan, masing-masing penandatanganan untuk Preference dan Fox. Di Batam, Indonesia, Ascott terus melanjutkan momentum penandatanganan yang positif hingga tahun 2024. Dengan menggandakan portofolionya di kota ini menjadi 14 properti selama dua tahun terakhir. Pertumbuhan ini termasuk debut merek global Ascott seperti The Unlimited Collection, Citadines, dan Somerset. 

 

Di antara 12 properti yang telah beroperasi hingga saat ini ada lyf Cebu City di Filipina, Citadines Waterfront Kota Kinabalu di Malaysia, dan Somerset Kencana Jakarta di Indonesia. Pada kuartal terakhir tahun ini, Ascott akan membuka properti HARRIS pertama di luar Indonesia, yaitu HARRIS Hotel Sunshine Penang di Malaysia. Penang juga akan menyambut properti lyf pertamanya, lyf Georgetown Penang dengan 144 unit yang akan menjadi contoh dari konsep kehidupan sosial yang dipimpin oleh pengalaman khas merek ini melalui berbagai pilihan akomodasi kreatif yang ditargetkan untuk wisatawan generasi berikutnya.


Sebagai bentuk dedikasinya terhadap pasar Asia Tenggara, Ascott baru-baru ini mengadakan edisi kedua dari program bergengsi Ascott Privilege Signatures di Singapura. Acara eksklusif ini mengundang para anggota setia Ascott Star Rewards (ASR) tingkat atas dan tamu VIP untuk menikmati keseruan balapan malam hari dari Ascott Privilege Signatures Lounge di Singapore Flyer yang menawarkan pemandangan terbaik dari aksi balapan, dilengkapi dengan pilihan kuliner terbaik.

 

Diluncurkan awal tahun ini, Ascott Privilege Signatures merupakan bagian integral dari janji merek Ascott Star Rewards untuk 'Stay Rewarded'. Program ini memenuhi permintaan yang terus meningkat akan perjalanan yang penuh pengalaman dengan menawarkan pengalaman unik yang tidak dapat dibeli dengan uang. Acara perdana di London pada Juli 2024 menampilkan jamuan makan malam di Le Gavroche dengan koki terkenal Michel Roux Jr. dan akses VIP ke final Wimbledon. Acara Ascott Privilege Signatures yang akan datang mencakup pengalaman eksklusif dengan Chelsea Football Club, menyusul penunjukan Ascott baru-baru ini sebagai Mitra Hotel Global Resmi klub tersebut.

Comments


bottom of page